Exclusive from Good News From Indonesia

Belum Punya Paspor? Ini Cara Mengurus Pembuatannya!

Akhir tahun biasanya banyak sekali promo menarik pada penjualan tiket pesawat online. Durasi promo tersebut juga tidak terlalu lama, hanya
General
Sun Dec 09 2018 23:28:00 GMT+0000 (UTC)

Akhir tahun biasanya banyak sekali promo menarik pada penjualan tiket pesawat online. Durasi promo tersebut juga tidak terlalu lama, hanya sekitar 1-2 minggu saja. Tiket pesawat pun juga bermacam-macam, tidak hanya tujuan dalam negeri saja, namun juga ke luar negeri. Bahkan untuk beberapa maskapai yang melayani terbang dari Indonesia ke luar negeri memiliki jadwal khusus untuk memberikan harga promonya, itu juga terkadang mendadak. Sebut saja makapai asal Malaysia, AirAsia, yang sering memberikan kursi gratis bagi para pelanggannya. KemudianJetstar, maskapai bertarif rendah asal Australia ini juga memberikan promo potongan harga di tiaphari Jumat.

Lalu bagaimana jika musim tiket promo itu datang, ditambah adanya keinginan untuk melancong ke luar negeri, namun tidak memiliki paspor untuk membeli tiket pesawat jurusan luar negeri?

Dibutuhkannya paspor untuk membeli tiket ke luar negeri adalah sebuah keharusan, karena pada formulirbooking memerlukan nomor kode paspor. Untuk Kawan GNFIyang berniat dan bercita-cita melancong ke luar negeri pada tahun depan, sebaiknya Anda segera mengurus paspor. Hal ini juga untuk berjaga-jaga jika ada penjualan tiket promo, Anda dapat memilikitiket tersebutagar menghemat pengeluaran untuktraveling.

Macam paspor di Indonesia ada 2, ada paspor biasa dan paspor elektronik. Keduanya memiliki kegunaan yang sama, namun untuk paspor elektronik memiliki kelebihan yang berbeda,e-paspor memiliki data biometrik yang mencakup sidik jari, juga bentuk wajah pemegangpasporyang tersimpan dalam chip dan bisa dikenali lewat pemindaian. Chip yang tertanam di e-paspor membuatpasporsangat sulit dipalsukan, sehingga terjamin keamanannya dibandingkan paspornon-elektronik

Syarat yang diperlukan untuk membuatpaspor adalah :

  • E-KTP asli dan fotokopi
  • Akta kelahiran, surat nikah, ijazah terakhir, atau surat baptis asli dan fotokopi (cukup pilih salah satu dokumen yang di dalamnya terdapat informasi nama, tempat tanggal lahir, dan nama orang tua).
  • Kartu keluarga asli dan fotokopi
  • MateraiRp.6000,-

Setelah semua persyaratan terpenuhi, daftarkan antrian online diri Anda dengan Aplikasi khusus "Antrian Paspor Online" resmi yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Dengan mendaftar antrian melalui online ini, Anda tidak akan berlama-lama menunggu panggilan saat di kantor imigrasi terdekat.

1. Unduh aplikasiAntrian Paspor Onlineresmi di Google Play Store.

2. Daftarkan diri Anda dengan mengisi identitas lengkap yang tertera dalam aplikasi antrean paspor. Setelah daftar, akunakan diverifikasi melalui email.

3. Login kembali setelah akun terverifikasi.

4. Pilih kantor imigrasi terdekat dengan tempat tinggal.

5. Lengkapi data permohonan antre paspor. Data tersebut meliputi tanggal rencana pengurusan paspor.

6. Cek kembali jadwal antre yang diajukan apakah sudah disetujui atau belum.

7. Jika sudah disetujui, langkah selanjutnya adalah datang ke kantor imigrasi sesuai dengan jadwal. Tunjukan barcode saat datang ke sana untuk mendapatkan bukti cetak nomor urut panggilan.

8. Tunggu hingga mendapatkan panggilan, lalu serahkan berkas pengurusan paspor dan melakukan pembayaran. Tunggu hingga semua proses berhasil dilakukan.

Setelah itu, paspor dapat diambil di Kantor Imigrasi pada 3-4 hari kemudian untuk paspor biasa dan maksimal 2 minggu untuke-paspor.

--

Sumber : Situs Direktorat Jenderal Imigrasi, Hipwee, Reservasi.com

Penulis: M FACHREZY ZULFIKAR
Dirilis pada 2018-12-09 23:19:00

Open in App