Exclusive from Good News From Indonesia

Ternyata “Me Time” Penting Lho Bagi Kesehatan Tubuh

Pernah tidak merasa suntuk atau capek terhadap semua aktivitas harian kalian?Merasa sangat penat bahkan ingin segera mengakhiri satu hari tersebut?Saat
General
Thu Sep 12 2019 07:28:00 GMT+0000 (UTC)

Pernah tidak merasa suntuk atau capek terhadap semua aktivitas harian kalian?Merasa sangat penat bahkan ingin segera mengakhiri satu hari tersebut? Saat masa-masa itu datang, yang perlu kalian lakukan bukanlah berhenti dan pergi dari tempat kerja atau malah bolos kuliah berbulan-bulan.

Aktivitas yang sangat padat memang sering kali membuat lupa untuk menyenangkan diri sendiri. Bahkan sering kali menyenangkan orang lain menjadi sebuah tuntutan bagi kita. Padahal proses yang baik seharusnya membahagiakan diri sendiri sebelum memikirkan orang lain.

Meskipun manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan manusia lainnya untuk berinteraksi, namun ada masanya di mana seseorang perlu menghabiskan waktu sendiri. Karena waktu bersama diri sendiri pun tidak kalah penting. Dengan melakukan “me time” kalian tidak perlu mendengarkan pendapat siapapun, yang perlu dilakukan hanya mendengarkan kata hati dan keinginanmu sendiri.

Menghabiskan waktu sendirian dengan menghilangkan beban pikiran dan bisa meluapkan apa yang selama ini tidak bisa dilakukan apabila saat bersama orang lain. Karena dengan sendiri, kalian bisa lebih tahu apa yang sebenarnya kalian mau.

Foto: hallosehat.com

Menghabiskan waktu sendiri dengan pikiran sehat dan tenang justru memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan.

Yuk kita simak beberapa manfaat me time bagi kesehatan yang bisa kita rasakan:

Meningkatkan daya tahan tubuh

Jika kalian memiliki rekan kerja yang suka menggerutu atau emosi, coba disarankan untuk melakukan me time. Cara tersebut dapat membuat seseorang menjadi lebih bahagia dan bisa berdampak pada daya tahan tubuh seseorang.

Dilansir dari Klikdokter.com menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Pyschosomatic Medicine, orang yang memiliki emosi positif berupa perasaan yang bahagia, berenergi dan cenderung lebih tenang, mereka lebh jarang terkena penyakit flu. Tentunya emosi positif tersebut bisa diperoleh setelah menghabiskan waktu sendirian.

Menyegarkan tubuh dan pikiran

Rasa jenuh, banyaknya informasi yang didapat, dan konflik yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari bisa menimbulkan pikiran anda menjadi mumet dan kusut.

Dampaknya bisa berpengaruh terhadap kemampuan dalam berpikir seperti mengambil keputusan serta cara menyelesaikan masalah.

Waktu untuk diri sendiri ini sangat diperlukan dan amat berguna untuk menyegarkan kembali pikiran, karena otak manusia terbatas dari berbagai hal yang mengganggunya. Jika pikiran terasa segar, maka tubuh pun akan merasakan hal yang sama.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Apa kalian akan merasakan relaks setelah melakukan creambath atau refleksi? Jika ia, berarti meluangkan waktu sendirian dengan kegiatan atau hobi yang menyenangkan akan membuat anda menjadi santai dan menjadi lebih bahagia sesudahnya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Europen Heart Journal, seseorang yang mempunyai perasaan bahagia akan mengalami penurunan risiko terhadap penyakit jantung hingga 22 persen.

Menurunkan tingkat stres

Salah satu tujuan meluangkan waktu sendirian yaitu untuk menghilangkan stres. Melakukan kegiatan atau hobi yang disukai tanpa diganggu oleh pekerjaan ataupun orang lain dapat menurunkan tingkatan stres pada seseorang. Dengan demikian, risiko terkena berbagai penyakit seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung akan berkurang.

Meningkatkan kemampun bersosialisasi

Terdapat perbedaan yang signifikan antara kesepian dengan menyendiri. Kesepian merupakan emosi negatif yang timbul biasanya saat merasa tidak terhubung dengan orang lain, sedangkan menyendiri merupakan kebalikannya yakni menyendiri sejenak justru memberikan manfaat bagi kemampuan untuk bersosialisasi dengan orang baru, bisa lebih memahami diri sendiri, kecerdasan intelektual dan mengatur emosi, serta perasaan bahagia saat berinteraksi dengan orang lain.

Jadi, tidak ada salahnya menjadi “egois” sejenak untuk melakukan me time saat Kawan GNFI merasa jenuh, capek, lelah, dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Jika dilakukan sesuai dengan porsinya, hal ini justru bisa bermanfaat dan berguna bagi kesehatan.

Stress, capek, suntuk? Yuk me time dulu...


Catatan kaki: Hallosehat | Klikdokter

Penulis: ASRIYATI .
Dirilis pada 2019-09-10 13:21:00

Open in App