Exclusive from Good News From Indonesia

Wajib Dicoba, Inilah Lokasi-Lokasi Panjat Tebing di Indonesia

Tak hanya motocross yang menjadi olahraga ekstrim favorit masyarakat. Terdapat juga satu olahraga yang cukup menantang adrenalin lainnya, salah satunya
General
Wed Aug 14 2019 17:48:00 GMT+0000 (UTC)

Tak hanya motocross yang menjadi olahraga ekstrem favorit masyarakat, terdapat juga satu olahraga yang cukup menantang adrenalin lainnya, salah satunya yakni panjat tebing atau yang biasa disebut climbing. Olahraga ini dapat melatih kekuatan otot tangan dan kaki.

Sebelum melakukan kegiatan panjat tebing ada beberapa persiapan yang harus dilakukan antara lain lari, push up, dan jumping jack. Tak hanya persiapan fisik, peralatan panjat tebing pun juga harus dipersiapkan seperti tali, carabiner, harnes, slink-slink, raner, webin, piton, dan masih banyak lagi.

Panjat tebing biasa dilakukan di panjat tebing yang telah tersedia atau dapat juga memanjat perbukitan dan gunung. Adapun beberapa lokasi yang cocok untuk melakukan kegiatan pemacu adrenalin ini antara lain:

Bukit Tangkiling

Bukit Tangkiling l Sumber: Centralborneo.net

Terletak di Kalimantan Tengah, bukit ini memiliki tinggi sekitar 70 meter. Jika telah mencapai puncak bukit, akan tersaji hamparan keindahan pemandangan kota Palangkaraya.

Tebing Lembah Kera

Tebing Lembah Kera l Sumber: ngalam.co

Tebing ini terletak di Dusun Dempok, Desa Gampingan, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang. Dinamakan tebing lembah kera dikarenakan banyaknya kera yang berlarian di sekitar tebing.

Di sini kalian dapat menemui tebing vertikal setinggi 45-50 meter. Bagi yang ingin belajar panjat tebing, tempat ini sangat cocok untuk para pemula yang belum terlalu memiliki keahlian.

Tebing Masigit

Tebing Masigit l Sumber: wespeakcantonese.com

Tebing Masigit terletak di Kota Bandung Barat tepatnya di Citatah, Padalarang. Berbeda dengan tebing sebelumnya, tak perlu memerlukan keahlian khusus untuk bisa bermain di tebing ini. Pihak pengelola tebing masigit sudah menyediakan perlengkapan lengkap bagi para pengunjung.

Para pengunjung dapat bersantai diatas hammock yang telah disediakan di puncak tebing. Seluruh kegiatan ini juga diawasi oleh pengawas profesional.

Tebing Sepikul

Tebing Sepikul l Sumber: ara adventure

Tebing ini terletak di Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Bagi para pecinta penjat tebing, ini merupakan lokasi yang cocok untuk memacu adrenalin. Pasalnya, tebing ini diklaim sebagai tebing tertinggi di Jawa Timur. Tak hanya itu, tebing ini juga memiliki bebatuan dan panorama alam yang sangat bagus.

Tak heran jika lokasi tebing sepikul ini sering digunakan oleh berbagai acara seperti festival panjat tebing yang diikuti oleh ratusan peserta.

Tebing Bukit Kapur, Sekapuk

Bukit Kapur Gresik l Sumber: kumparan

Terletak di Kota Gresik, tebing ini merupakan bekas lokasi galian kapur yang telah lama ditinggalkan. Lokasi ini biasa digunakan masyarakat setempat sebagai spot foto dan juga olahraga panjat tebing.

Tebing Pantai Suing

Tebing Pantai Suing l Sumber: phinemo.com

Terletak di Dusun Wales Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tebing ini berdiri kokoh diantara pantai yang membentang luas. Sempat menjadi lokasi ASEAN Climbing Gathering, tebing ini memiliki panorama yang indah. Tak hanya itu tebing pantai suing juga memiliki titik tebing yang berbeda-beda berdasarkan ketinggian dari masing-masing tebing.

Bagi para pemula, tersedia juga tour operator yang menyediakan perlengkapan panjat tebing dan pemandu panjat tebing.


Catatan kaki: brilio.net l superadventure.co.id

Penulis: ATIKA PUJI
Dirilis pada 2019-08-08 17:25:00

Open in App